Manfaat & Waktu Paling Tepat Untuk Vaksin TT Ibu Hamil!


Penyakit tetanus bisa menyerang siapa saja. Tetanus juga mudah menyerang pada bayi yang baru lahir dengan persalinan tidak higienis dan juga vaksin TT ibu hamil yang tidak dilakukan sebelumnya. Padahal jenis vaksin ini sangat perlu dilakukan, karena infeksi tetanus yang terjadi pada bayi lahir bisa disebabkan penggunaan alat potong yang tidak steril pada tali pusat. 

Seperti diketahui bayi yang baru lahir imunnya belum cukup untuk mengatasi hal tersebut. Ketika muncul pertanyaan, bahayakah jika tidak di suntik TT? Tentu ada bahaya besar yang mengintai janin dalam kandungan ibu.

Sekilas Tentang Tetanus Dan Pentingnya Vaksin TT Ibu Hamil

Penyakit tetanus disebabkan oleh serangan bakteri clostridium tetani. Bakteri ini banyak ditemukan pada tanah dan juga pupuk kandang. Selain itu umumnya juga ditemukan pada besi berkarat, kotoran hewan serta debu. Tetanus menginfeksi melalui luka dalam, seperti misalnya tusukan, gigitan hingga luka bakar. Namun pada beberapa kondisi tetanus juga menginfeksi lewat goresan kecil. 

Bakteri clostridium tetani ini masuk lewat luka dengan mengeluarkan racun eksotoksin. Lalu racun tersebut menyebar ke aliran darah dan kelenjar getah bening. Selanjutnya, racun ini ini berikatan dengan sel saraf dan bisa menyebabkan seseorang mengalami kekakuan serta kejang otot.

Pemberian imunisasi TT untuk ibu hamil, tubuh yang diberi vaksin akan membentuk antibodi.  Lalu diteruskan pada janin sebagai perlindungan alami dalam kandungan sampai bayi dilahirkan. Pemberian suntik tetanus wajib dilakukan agar imunoglobulin pada ibu bisa pindah ke janin melalui plasenta. 

Ada beberapa manfaat dari melakukan vaksin TT ibu hamil. 

  • Tentunya mengurangi angka kematian bayi
  • Sebagai antibodi pada bayi agar kuat pasca kelahiran
  • Agar terhindar dari infeksi tetanus saat proses melahirkan

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Pemberian Vaksin TT Ibu Hamil?

Untuk vaksin TT ibu hamil umumnya diberikan pada kehamilan pertama dalam dua tahap suntikan vaksin tetanus. Vaksin ini juga diberi jarak selama 4 minggu atau waktu pemberiannya ditentukan oleh dokter yang menangani anda. Tapi ada juga kondisi dimana ibu hamil belum pernah mendapatkan vaksin tetanus sebelumnya, maka vaksin perlu diberikan sebanyak 3 kali suntikan. Pada kondisi ini, vaksin diberikan lebih awal dengan jarak antara suntikan pertama dan kedua adalah 4 minggu lalu suntikan terakhir diberi jarak kembali selama 6 bulan. Untuk lebih jelasnya imunisasi ibu hamil dan waktunya untuk vaksin TT, simak berikut ini.

Vaksin TT Kehamilan Pertama

Biasanya imunisasi suntikan untuk kehamilan pertama diberikan pada kehamilan trimester ketiga atau saat usia kandungan 7 bulan. Lalu kemudian suntikan kedua diberikan dengan jarak 4 minggu setelah suntikan pertama. Dan suntikan ketiga diberikan pada waktu 6 bulan setelah suntikan kedua. 

Suntikan kedua ini untuk melindungi ibu dan bayi selama lima tahun kedepan. Imunisasi tetanus untuk ibu hamil tidak punya efek samping yang parah. Umumnya hanya terjadi bintik merah di area suntikan atau bengkak dan nyeri. Namun jika anda memiliki riwayat alergi sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan vaksinasi.

Vaksin TT Kehamilan Kedua

Nah, jika seorang wanita hamil kembali dalam waktu 2 bulan setelah melahirkan maka vaksinasi akan dilakukan tergantung riwayat vaksin sebelumnya. Jika anda sudah pernah melakukan vaksinasi dengan dosis 2 suntikan tetanus maka dokter biasanya hanya menyarankan suntikan sebagai penguat saja. 

Namun untuk kondisi dimana, jarak kehamilan pertama dan kedua cukup jauh maka biasanya disarankan untuk pemberian vaksin kombinasi atau Tdap (tetanus-diptheria-pertussis). 

Waktu yang tepat untuk pemberian vaksin adalah pada trimester kedua untuk meminimalisir munculnya efek gangguan pada janin yang bisa memicu kecacatan. Vaksinasi bagi ibu hamil cukup mudah dilakukan di rumah sakit terdekat. Misalnya vaksin dewasa untuk Anda warga Semarang. 

Nah sekarang tentu anda sudah tahu betapa pentingnya melakukan vaksin TT ibu hamil. Kini sangat mudah untuk mendapatkan vaksinasi yaitu melalui aplikasi Halodoc. Kunjungi platform kesehatan ini melalui PC atau Android Anda. aplikasi kesehatan keluarga yang paling diandalkan hanya pilih Halodoc. 

Belum ada Komentar untuk " Manfaat & Waktu Paling Tepat Untuk Vaksin TT Ibu Hamil!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel